Donor Darah Juga Ada Mitosnya, Bagaimana Faktanya?

Sugeng rawuh The History of Destroying Herstory di Portal Ini!

The History of Destroying Herstory, Jakarta – Untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendonor darah, Januari ditetapkan sebagai Bulan Donor Darah Nasional di Amerika Serikat. Jumlah donor darah melalui organisasi nirlaba telah menurun sekitar 40 persen selama 20 tahun terakhir, menurut Palang Merah Amerika, dilansir Medical Daily. Donor Darah Juga Ada Mitosnya, Bagaimana Faktanya?

Selain penurunan jumlah pendonor darah secara keseluruhan, sekitar 7.000 pendonor darah hilang akibat terhentinya proses donor darah antara Natal dan Tahun Baru. Secara umum, persyaratan donor darah di Amerika Serikat adalah usia 17 tahun (16 tahun dengan izin orang tua jika diizinkan oleh undang-undang negara bagian), berat badan minimal 50 kg, dan kesehatan umum yang baik.

Dr. Jessica Jacobson, direktur bank darah dan pengobatan transfusi di Rumah Sakit NYU Bellevue, mengatakan ada mitos umum bahwa mendonor darah dapat membuat Anda sakit dan pendonor dapat tertular infeksi. Padahal, jika orang sehat mendonorkan darahnya, kesehatannya tidak akan memburuk setelahnya dan tidak ada risiko tertular penyakit menular melalui donor darah.

“Donor darah sangat aman. Setiap pendonor mendapat peralatan sekali pakai yang steril. Pendonor tidak terkena darah orang lain,” kata Jacobson.

Ia juga mengatakan bahwa lebih dari 95% pendonor tidak mengalami efek samping. Jika terjadi efek samping, sebagian besar bersifat ringan, seperti memar, pingsan, atau iritasi saraf. Kurang dari 0,1% pendonor darah mengalami reaksi donor darah serius yang memerlukan perhatian medis, kata Jacobson. Baking Soda Bisa Mengobati Asam Lambung, Begini Cara Konsumsinya

Orang yang tidak memenuhi persyaratan. Mitos kedua adalah Anda tidak boleh mendonor darah jika Anda sedang menjalani perawatan medis apa pun. Namun kenyataannya, penderita kolesterol atau tekanan darah tinggi juga biasanya berhak untuk mendonorkan darahnya.

Selain itu, obat-obatan yang diresepkan untuk kondisi ini biasanya tidak mendiskualifikasi Anda untuk mendonorkan darah. Meskipun sebagian besar perawatan tidak mendiskualifikasi orang untuk mendonor darah, pengobatan tertentu mungkin mendiskualifikasi beberapa orang untuk mendonor darah.

“Donor darah alogenik harus aman bagi pendonor dan pendonor. FDA melarang orang yang menggunakan obat-obatan tertentu untuk mendonorkan darahnya untuk melindungi penerimanya. Untuk pencegahan atau pengobatan infeksi HIV.” menyumbangkan darah alogenik,” jelas Jacobson.

Transfusi darah alogenik, juga dikenal sebagai transfusi darah alogenik, melibatkan transfusi darah antara donor yang kompatibel dan pasien. Mitos terakhir adalah bahwa mendonor darah akan menghabiskan persediaan darah seseorang. Faktanya, rata-rata orang dewasa memiliki sekitar 10,5 liter darah di tubuhnya, dan hanya sekitar 1 liter darah yang dikumpulkan selama sesi donor darah.

Volume darah terisi kembali dan kembali normal dalam waktu 24 jam. Anda dapat mendonorkan darah utuh setiap delapan minggu sekali, trombosit dua kali setiap tujuh hari, atau maksimal 24 kali dalam 12 bulan.

“Orang bisa mendonorkan darah lengkapnya setiap 56 hari sekali. Sel darah merah biasanya bertahan sekitar 120 hari, sehingga tubuh terus membuat sel darah merah baru. Setiap hari, tubuh memproduksi sekitar 10 persen trombosit. Sel darah putih. Faktor koagulasi dan protein lain dalam plasma juga terus diproduksi dan diganti,” kata Jacobson.

Salah satu evaluasi setiap orang sebelum mendonorkan darah adalah memeriksa kadar hemoglobin untuk memastikan darahnya aman untuk didonorkan.

Pilihan Editor: Bolehkah Penderita Anemia Mendonorkan Darahnya?

Pada Hari Epilepsi Internasional, penting untuk memahami kesalahpahaman tentang epilepsi yang menunda pengobatan. Baca selengkapnya

Charles III telah didiagnosis menderita kanker dan sedang menjalani perawatan. Meski tidak disebutkan jenis kankernya, tidak ada salahnya memahami mitos-mitos seputar kanker prostat. Baca selengkapnya

Tindakan banyak negara donor untuk menghentikan pendanaan ke UNRWA akan membuat hidup lebih sulit bagi warga sipil di Gaza. Baca selengkapnya

Palang Merah Korea telah menyiapkan lebih dari 1.000 kartu foto SEVENTEEN untuk dibagikan kepada para pendonor darah. Baca selengkapnya

Ada empat kesalahpahaman yang dapat menunda diagnosis dan pengobatan pasien kanker prostat. Penting untuk memeriksa faktanya. Baca selengkapnya

Ternyata terapi bekam sudah dilakukan sejak zaman dahulu bahkan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Manfaat bekam bagi kesehatan antara lain: Baca selengkapnya Donor Darah Juga Ada Mitosnya, Bagaimana Faktanya?

Berikut beberapa cara alami untuk menurunkan kolesterol Anda. Baca selengkapnya

Orang yang mengalami hematuria atau hematuria tidak menunjukkan gejala apa pun selain perubahan warna urin. Baca selengkapnya

Perubahan warna urin belum tentu menunjukkan adanya sel darah dalam urin. Baca selengkapnya

Manajemen LRT Jakarta kini menghadirkan berbagai aktivitas untuk memeriahkan liburan Natal dan Tahun Baru Anda.