Isuzu Tak Mau Bikin Pikap buat Lawan Daihatsu Gran Max-Suzuki Carry?

Wecome The History of Destroying Herstory di Website Kami!

Jakarta – Isuzu Tak Mau Bikin Pikap buat Lawan Daihatsu Gran Max-Suzuki Carry?

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) fokus secara eksklusif pada pasar sektor komersial. Namun Isuzu masih belum memiliki jajaran model low-end yang diisi Daihatsu Gran Max, Suzuki Carry, DFSK Supercab, dan Tata Intra.

Mesin bensin 1.500 cc digunakan pada mobil murah di atas. Saat ini Isuzu belum memiliki mesin tersebut karena tidak mengisi segmen pikap. Isuzu Traga kini mengisi segmen mid-range dan menggunakan mesin diesel 2.500 cc. Terpopuler Otomotif: Bocoran Info Skuter Matik Baru, Motor Honda CB Bikin Warganet Bingung

Kepala Divisi Strategi Bisnis PT Isuzu Astra Motor Indonesia Atius Asril mengatakan Isuzu saat ini belum memiliki mesin yang tepat untuk mengisi pasar pikap low-end. Mesin diesel Traga digunakan di Mitsubishi L300.

“Kami ini mesin diesel yang tenaganya besar. Kalau dibangun menjadi kendaraan murah, jadinya seperti ini: Biayanya tidak terjangkau, jadi kami tidak bisa ke sana,” kata Attias Ashril dari Central. Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Pasar pikap low-end sangat menarik, satu pabrikan saja bisa menjual lebih dari 40 ribu unit per tahun.

Daihatsu Gran Max dan Suzuki Carry menjadi dua merek yang paling laris di pasaran. Sebanyak 43.197 unit Gran Max 1.3 dan 1.5 telah dikirim dari pabrik ke pengecer pada tahun 2023 berdasarkan data grosir Gaikindo.

Merek lain seperti Wooling Fermo Max mengirimkan 1.319 unit, DFSK SuperCab 1.319 unit, dan Tata Infra 13 unit.

Asril menegaskan, Isuzu tidak menutup kemungkinan masuk ke ceruk pikap low-end. “Kecuali dulu kalau dulu, misalnya kita punya mesin kecil untuk mobil, bagus. Tapi sekarang mesin kecil kita kualitasnya hanya sedang, karena tenaganya besar,” kata Attias Asril.

Isuzu saat ini fokus pada kendaraan niaga seperti Traga dan Giga. Isuzu mengumumkan akan menjual 30.085 unit (pengiriman dari dealer ke pelanggan) pada tahun 2023.

Sebagai produk terlaris, Isuzu Elf menempati posisi pertama dengan penjualan 14 ribu unit, disusul Isuzu Traga dengan penjualan di atas 11 ribu unit. Isuzu Tak Mau Bikin Pikap buat Lawan Daihatsu Gran Max-Suzuki Carry?

Dari segi persentase, Isuzu Giga di segmen komersial mengalami pertumbuhan tercepat, model ini memperoleh 34,5 persen dan Isuzu Mu-X di segmen komersial ringan 94,7 persen. Dari segi jumlah, Isuzu D-Max tercatat 1.146 unit dan Isuzu Mu-X 366 unit pada tahun lalu.

Tak hanya itu, Isuzu juga meningkatkan laju produksi lokal pada dua produk utamanya Isuzu Elf dari 41,3 menjadi 41,6 persen dan Traga dari 56 menjadi 56,5 persen pada tahun lalu.

Pada tahun 2024, PT IAMI menargetkan menjual lebih dari 30 ribu kendaraan niaga berbagai model atau berkontribusi lebih dari 30 persen pasar kendaraan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis hingga 11,3 persen. Menonton video “Pikap yang membawa 14 orang tertimpa pohon tumbang di Banjarnegra” (Sukkha/Sukkha)