Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius, 5 Obat Sirup Dipastikan Tercemar Etilen Glikol: Ini Daftarnya!

Selamat datang The History of Destroying Herstory di Situs Kami!

The History of Destroying Herstory – Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM menerbitkan daftar 5 produk obat sirup yang terkontaminasi etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melebihi batas. Hal tersebut diyakini menjadi penyebab terjadinya gagal ginjal akut atau gagal ginjal akut yang menewaskan 99 anak. Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius, 5 Obat Sirup Dipastikan Tercemar Etilen Glikol: Ini Daftarnya!

Perlu diketahui, kontaminasi etilen glikol dan dietilen glikol tidak boleh melebihi batas atau Tolerable Daily Intake (TDI) sebesar 0,5 miligram per kilogram berat badan per hari.

Sirup obat yang diduga terkontaminasi EG dan DEG kemungkinan berasal dari 4 (empat) bahan lain yaitu propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol dan gliserin atau gliserol (pelarut), yang bukan merupakan bahan berbahaya atau dilarang penggunaannya dalam produksi. sirup obat,” demikian keterangan BPOM RI Kamis (20/10/2022) yang diperoleh The History of Destroying Herstory.Deskripsi Gagal Ginjal Akut yang Misterius. [Shutterstock] Stres Bisa Muncul Usai Kalah dalam Pemilu 2024, Begini Cara Mengatasinya

Setelah dilakukan uji BPOM terhadap 39 batch 26 sirup obat hingga 19 Oktober 2022, ditemukan 5 produk obat sirup yang melebihi batas tersebut.

Berikut 5 produk obat sirup terkontaminasi etilen glikol yang diduga terkait dengan penyakit gaib ginjal akut: Sirup termorex (obat demam), diproduksi oleh PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan box 60, botol plastik @ nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan box, Botol plastik @ 60ml dengan Sirup ML Flurin DMP (Pereda Batuk dan Demam), Produsen PT Yarindo Formatama. Sirup Batuk Unibaby (Pereda Batuk dan Demam) diproduksi oleh Universal Pharmaceutical Industries dengan Izin Edar No. DTL7226303037A1, Karton, Botol Plastik @ 60ml. Kemasan, Botol @ 60 ml Unibaby Fever Drops (Obat Demam), diproduksi oleh Universal Pharmaceutical Industries dengan Izin Edar No. DBL1926303336A1, Box Pack, Botol @ 15 ml.

Gangguan ginjal akut yang tersembunyi dan potensi wabah

Kasus gangguan ginjal akut misterius di Indonesia telah menimpa 206 anak, 99 diantaranya meninggal dunia. Data ini berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 18 Oktober 2022.

Kementerian Kesehatan telah melaporkan kasus gagal ginjal akut misterius di Indonesia selama dua bulan terakhir, yang menyerang anak-anak berusia enam bulan hingga 18 tahun di 20 provinsi.

Meski penyakitnya sudah menyebar ke luar negeri, Kementerian Kesehatan belum bisa memastikan apakah akan menetapkan Keadaan Darurat (KLB) gangguan ginjal akut tersebut.

City Nadia Tormidzi, kepala komunikasi Kementerian Kesehatan, mengatakan keputusan tersebut masih menunggu studi oleh ahli epidemiologi.

“Epidemiolog akan mempelajarinya terlebih dahulu,” kata Nadia saat dihubungi The History of Destroying Herstory, Kamis (20/10/2022). Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius, 5 Obat Sirup Dipastikan Tercemar Etilen Glikol: Ini Daftarnya!

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sebelumnya melaporkan kasus gangguan ginjal akut misterius yang terjadi sejak Januari 2022. Namun, jumlah anak yang terkena dampak meningkat dari bulan Agustus hingga September.

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Harmawan Saputra mendesak pemerintah menyatakan cedera ginjal akut (AKI) misterius ini.

Seharusnya konferensi darurat diadakan untuk memiliki fokus investigasi yang kuat, mengharapkan pengobatan yang memadai dan mengevaluasi kesehatan anak Indonesia secara komprehensif, kata Hemawan saat dihubungi The History of Destroying Herstory, Kamis (20/10/2022).